6.1 Internet Explorer

1. Internet Explorer

Internet Explorer merupakan browser bawaan dari sistem operasi Windows. Saat ini, Internet exploler sudah mengeluarkan berbagai versi. Versi yang terakhir saat ini adalah Internet Explorer versi 9.

Internet Explorer banyak digunakan oleh para pengakses Internet untuk melakukan browsing karena memiliki kelebihan-kelebihan seperti berikut:

1)    Internet Explorer tidak memerlukan memori komputer yang terlalu besar sehingga tidak menghambat alur kerja program lain yang sedang berjalan secara bersamaan dengan program Internet Explorer.

2)    Jika komputer menggunakan sistem operasi Windows, Internet Explorer sudah secara otomatis terinstal. Oleh karena itu, tidak perlu menginstalnya terlebih dahulu.

3)    Internet Explorer sudah terintegrasi dengan Microsoft Outlook ataupun Outlook Express sehingga lebih memudahkan untuk mengirim dan membaca e-mail.

Selain memiliki kelebihan, Internet Explorer juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya adalah:

1)    Ukuran aplikasinya besar, dapat mencapai 80 Mb.

2)    Belum terintegrasi dengan berbagai perangkat lunak download manager, seperti Internet Download Manager, Flash Get, Free Download Manager, dan lain sebagainya.

3)    Fitur-fiturnya masih sedikit jika dibandingkan dengan Mozilla Firefox.

4)    Kecepatan dalam melakukan browsing masih lebih lambat jika dibandingkan dengan Mozilla Firefox.

5)    Hanya dapat digunakan pada komputer yang menggunakan system operasi Windows, sedangkan pada sistem operasi Linux dan Mac tidak bisa menggunakannya.

Comments are closed.